11.15.2008

Indonesia Siap Perangi Pengrusakan Hutan

31/10/2008 13:27 - LingkunganIndonesia Siap Perangi Pengrusakan HutanLiputan6.com, Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup menyambut baik upaya mencegah deforestasi atau pengrusakan hutan di Indonesia melalui kampanye Forest for Climate. Kampanye yang digagas organisasi lingkungan internasional, Greenpeace, ini menggalang dana dari negara-negara maju untuk membantu negara lain yang mengalami kerusakan hutan cukup parah.

Negara-negara tersebut termasuk Indonesia nantinya akan mendapat bantuan dana untuk mencegah kerusakan hutan alami. Sementara kerusakan hutan di Indonesia akibat pembalakan liar, pembukaan lahan untuk kegiatan pertambangan dan kelapa sawit, serta hutan tanaman industri terbilang cukup parah. Departemen Kehutanan mencatat 1,1 juta hektare lahan rusak setiap tahunnya.

Data dari Greenpeace memperlihatkan sudah tidak ada hutan yang belum tersentuh atau masih alami di Pulau Jawa. Di Pulau Sumatra hanya tersisa 10 persen, Kalimantan 15 hingga 20 persen, dan wilayah Papua cuma 45 persen dari total luas lahan hutan.(YNI/Novarini dan Yuli Sasmito)



http://www.liputan6.com/sosbud/?id=167459



Tidak ada komentar:

Kehancuran Hutan Akibat Pembuatan HTI di Lahan Gambut
Kanalisasi

Bekas Kebakaran

 Kanalisasi Kanalisasi