12.03.2008

Perencanaan PT Riaupulp Dinilai Gagal

Gak salah nih berita... bukannya si Ibu ini malah dengan gagah berani membela RAPP dgn alasan keamanan investasi ..waktu itu ? weh..weh...bagai Air di daun Keladi.

Selasa, 25/11/2008 21:49 WIB
Alasan PHK Karena Bahan Baku
Perencanaan PT Riaupulp Dinilai Gagal

PEKANBARU- Pabrik pulp dan kertas terbesar di Riau PT Riaupulp dinilai gagal dalam melaksanakan perencanaan pengembangan industrinya tanpa melihat aspek bahan baku ke depan. Seharusnya sejak awal dibangun PT Riaupulp sudah mengkaji antara kebutuhan baku dengan kapasitas produksi.


HAl tersebut dijelaskan Kepala Disperindag Riau Hj Tiolina Pangaribuan pada hearing PT Riaupulp dengan Komisi B DPRD Riau selasa. Menurutnya, bila Riaupulp mengkaji persoalan itu dipastikan tidak akan ada PHK massal karena alasan kekurangan bahan baku.

Sejak awal produksi pihaknya telah mengkuatirkan tekad PT Riaupulp menjadi perusahaan terbesar di dunia sebagai penghasil bubur kertas atau pulp tanpa didukung bahan baku yang mencukupi.

Kegalauan itu terbukti, saat kapasitas produksi pulp saat terakhir mencapai 2 juta ton pertahun, ternyata saat ini perusahaan itu mengalami kekurangan bahan baku kayu terutama dari hutan tanaman industri.

"Sebenarnya persoalan seperti ini sudah saya duga belasan tahun lalu. Saat itu Riaupulp dalam mengembangkan produksi ternyata tidak bisa menunjukan perencanaan pengembangan HTI. Dan akibatnya perusahaan itu galau kekurangan bahan baku," jelas Tiolina yang mengaku saat itu menjabat pejabat Eselon III.

Namun begitu, dengan kondisi PT Riaupulp yang kekurangan bahan baku, dirinya tidak mempersoalkan masa lalu. Dalam kondisi saat ini adalah bagaimana mencari jalan keluar agar perusahaan itu tetap berjalan dan PHK massal bisa dihindarkan.

Langkah dengar pendapat dengan DPRD Riau dan PT Riaupulp merupakan jalan yang tepat agar tidak menimbulkan yang tidak diinginkan terutama bertambah pengangguran akibat kehilangan lapangan kerja.
( rez / proriau )

Tidak ada komentar:

Kehancuran Hutan Akibat Pembuatan HTI di Lahan Gambut
Kanalisasi

Bekas Kebakaran

 Kanalisasi Kanalisasi