11.26.2008

Perindustrian Riau Hadapi Kondisi Sulit

Jum'at, 21 Nopember 2008 17:36

Tidak hanya PT.Riau Andalan Pulp And Paper (RAPP) yang tengah dihamtam krisis, tetapi dunia industri di Riau secara umum saat ini tengah menghadapi situasi sulit.

Riauterkini-PEKANBARU- Kepala Dinas Perindustian dan Perdagangan (Perindag) Riau Tiolina Panggaribuan mengakui kalau saat ini perindustrian di Riau tengah menghadapi situasi sulit. Tidak hanya industri perkayuan, seperti PT. Riau Andalan Pulp And Paper (RAPP), tetapi juga hampir seluruh sektor industri di Riau terimbas krisis ekonomi global.
"Memang sekarang kondisinya sedang sulit bagi industri. Tidak hanya di Riau, tetapi juga terjadi di seluruh dunia," ujarnya menjawab riauterkini di Pekanbaru, Jumat (21/11).

Meski demikian, menurut Tiolina, baru PT. RAPP yang telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Sementara sejauh belum ada industri lain yang sudah menyampaikan kondisi krisis dan berniat melakukan PHK.

Lebih jauh Tiolina memaparkan, turunnya harga jual Cruide Palm Oil (CPO) dan getah karet akibat krisis global dunia juga memukul industri sektor perkebunan. Karena itu, menurutnya salah satu solusi paling baik untuk mengatasi situasi sulit tersebut adalah dibangunnya industri hilir. ''Akibat tidak adanya industri hilir tersebut, turunnya harga jual CPO pasti akan berimbas kepada seluruh petani dan pekebun kelapa sawit, andaikan di daerah ini industri hilir tersebut ada CPO itu bisa dijual ke industri tersebut,'' ujarnya.

Kedepan pengembangan dan pembangunan industri hilir tersebut harus dilakukan. Sebenarnya saat ini pembangunan industri hilir tersebut sudah mulai dibangun, namun belum selesai yakni pembangunan pabrik biodisel di Kota Dumai.

Saat ini, lanjutnya lagi ada empat pabrik biodisel yang akan dibangun, selain di Dumai pembangunan serupa akan dilakukan diberbagai daerah lainnya, sehingga produksi CPO yang dihasilkan Riau bisa terjual dengan baik. ''Kita optimistis, daerah ini pada suatu saat nanti akan menjadi pusat pengembangan industri hilir. Ini mengingat luas perkebunan kelapa sawit dan CPO yang dihasilkan cukup besar, karenanya perlu kerja keras semua pihak untuk mewujudkan hal itu,'' ujarnya.***(mad)

http://riauterkini.com/usaha.php?arr=21778

1 komentar:

infogue mengatakan...

Promosikan artikel anda di www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
http://ekonomi-indonesia-bisnis.infogue.com/perindustrian_riau_hadapi_kondisi_sulit

Kehancuran Hutan Akibat Pembuatan HTI di Lahan Gambut
Kanalisasi

Bekas Kebakaran

 Kanalisasi Kanalisasi